Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2018

INSTALASI GAS RESTORAN, CATERING, FOOD COURT, HOTEL & RESORT

Aries Kitchen Mempunyai Spesialisasi Dalam Pembuatan Peralatan Dapur Stainless Restoran, Cafe, Hotel, Catering, Instalasi Gas Restoran & Instalasi Ducting Cerobong Asap. Didukung Oleh Tenaga Kerja Ahli Yang Professional Dibidangnya.

Memiliki instalasi gas untuk restoran, catering, foodcourt, hotel & resort dan juga industri makanan lainnya sangatlah penting karena sebagian besar peralatan restoran saat ini menggunakan gas sebagai bahan bakar utamanya. Keunggulan dengan menggunakan bahan bakar gas yaitu, lebih cepat dalam proses memasak, bersih dan praktis serta mudah di dapatkan di pasaran. Agar keunggulan dari gas ini berfungsi secara optimal, tentulah dibutuhkan instalasi gas yang baik dan juga didukung dengan system keamanan yang mumpuni untuk mencegah kebakaran karena sifat dari gas sendiri yang sangat mudah terbakar.

Aries Kitchen mempunyai spesialisasi untuk pekerjaan instalasi gas restoran, catering, hotel, food court, resort  dll yang didukung oleh tenaga kerja yang professional dibidangnya. Untuk informasi terkini silahkan kunjungi web www.aries-kitchen.com dan untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi : 
Rona Yuldona : 0818-0724-1132 & 0813-8066-6162
Kami siap membantu dan memberikan yang terbaik untuk anda dengan layanan 24/7.


Instalasi gas untuk restoran dan dapur komersial lainnya seperti catering, foodcourt, resort, hotel, guest house dll yang memenuhi syarat dari segi komersial dan sisi keamanannya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1.   Instalasi Sentral Gas

Instalasi sentral gas sangatlah dibutuhkan pada dapur yang bersifat komersial seperti restoran, catering, hotel, foodcourt dan lainnya. Hal ini disebabkan karena konsumsi gas yang besar setiap harinya pastilah membutuhkan tabung gas lebih dari satu buah. Oleh karena itu, sebaiknya tabung gas terpisah dari area dapur. Selain dikarenakan akan membuat ruangan menjadi sempit, yang lebih utama ialah untuk menghindarkan bahaya kebakaran apabila tabung gas di letakan dekat dengan sumber api dan panas didapur yaitu kompor. 

Berikut ini contoh gambar instalasi sentral gas yang dilengkapi system pengaman dan penjelasan akan bagian-bagiannya :


1. Tabung Gas
2. Regulator Tabung
3. Pigtail Hose
4. Valve 1/4"
5. Pessure Gauge
6. 1st Stage Regulator High
     Pressure
7. Selenoid Valve
8. Gas Alarm Detector
9. Pressure Gauge
10. Valve 1/2"
Instalasi Sentral Gas
Bagian Instalasi Sentral Gas
     
Gas yang ada di dalam tabung gas, melalui katup pertama yaitu regulator tabung yang telah dibuka, gas akan mengalir melalui pigtail hose menuju pipa gas sentral. Jenis pipa besi yang di gunakan untuk instalasi sentral gas yaitu pipa seamless blacksteel (tidak ada sambungan di dalamnya) schedule 40 dengan ketebalan 3 mm berdiameter 1" / 2". Kemudian gas yang sudah berada di pipa gas sentral tersebut, dirubah tekanannya oleh 1st stage regulator high pressure dari tekanan gas tabung menjadi tekanan gas yang sesuai dengan kompor yang digunakan

Ada dua tipe regulator untuk instalasi sentral gas yang digunakan, yaitu 1st stage regulator low pressure (berwarna krem) dan 1st stage regulator high pressure (berwarna merah). Contoh gambar regulator tersebut :




1st Stage Regulator Low Pressure
1st Stage Regulator High Pressure

Pemilihan regulator tersebut disesuaikan dengan jenis kompor yang digunakan di dapur restoran, catering atau hotel tersebut. Apakah low pressure semua, atau kombinasi antara low, medium dan high pressure. Kapasitas regulator juga merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan, berfungsi untuk memastikan tekanan gas di instalasi pipa tersebut sampai ke seluruh output kompor yang digunakan.

Berikut ini beberapa contoh gambar instalasi gas sentral yang menggunakan 1st stage regulator low pressure & 1st stage regulator high pressure :


Input         : 4 of 40 Kg gas tube LPG
Output      : All Low pressure equipment
Regulator : 1st Stage regulator low pres
                    sure
Input         : 4 pcs 40 Kg gas tube LPG
Output      : Combination high, medium & low 
                    pressure equipment
Regulator : 1st Stage regulator high pressure


Input         : 4 of 40 Kg gas tube LPG
Output      : All Low pressure equipment
Regulator : 1st Stage regulator low pres
                    sure
Input         : 4 pcs 40 Kg gas tube LPG
Output      : Combination high, medium & low 
                    pressure equipment
Regulator : 1st Stage regulator high pressure

2.   Instalasi Jalur Pipa Gas

Untuk menyalurkan gas dari sentral gas tabung menuju ke peralatan - peralatan masak restoran, catering atau hotel yang ada di dapur menggunakan pipa besi. Jenis pipa besi yang di gunakan adalah pipa seamless blacksteel (tidak ada sambungan di dalamnya) schedule 40 dengan ketebalan 3 mm. Teknik penyambungan yang digunakan yaitu dengan cara di "las".

Ukuran diameter pipa yang digunakan disesuaikan dengan volume gas yang akan di pergunakan. Hal tersebut bergantung pada banyaknya jumlah kompor dan tekanan gas yang digunakan pada kompor tersebut. Standar diameter yang digunakan yaitu 3/4" , 1" atau 11/4". Berikut ini beberapa contoh instalasi gas untuk sebuah restoran dan catering :




Instalasi Gas Catering
Jalur Pipa Instalasi Gas

Untuk output instalasi gasnya disesuaikan dengan jenis-jenis kompor apa saja yang digunakan dan regulator di sentral gas yang sebelumnya telah dijelaskan. Apabila jenis kompor yang digunakan didapur tersebut kombinasi, ada yang high pressure, medium pressure dan juga ada yang low presssure. Maka di output untuk jenis kompor low pressure akan digunakan regulator tambahan untuk merubah aliran gas dari high pressure ke low pressure.

Untuk kompor yang menggunakan tekanan medium pressure atau high pressure, maka tidak diperlukan regulator tambahan tersebut, karena instalasi jalur pipa gas, tekanan gas didalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan kompor high atau medium pressure. Berikut ini gambar jalur pipa 

Jalur Pipa Gas Output
Untuk Kompor Medium & High Pressure
Jalur Pipa Gas Output Untuk Kompor Low Pressure

Agar bisa mengenali dan membedakan peralatan-peralatan masak disebuah dapur restoran, catering atau hotel itu membutuhkan tekanan gas seperti apa yang optimal untuk beroperasional. Jenis kompor berdasarkan tekanan gas yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu :

Low pressure       : Tekanan yang biasa di pakai pada kompor rumah tangga atau kompor restoran yang tidak memerlukan api besar atau panas tinggi seperti Deep fryer, gas grill, gas rice cooker, oven dll.
~ Medium pressure : Tekanan sedang untuk kompor kecil namun memerlukan kecepatan dan panas lebih tinggi. Sebagai contoh 4 burner stove medium pressure, stock pot stove.
High pressure       : Tekanan tinggi untuk kompor yang memerlukan api besar dan panas yang tinggi seperti kwali range, high burner stove dll.

Peralatan Dapur Restoran 
Gas Low Pressure  
Peralatan Dapur Restoran
Gas Low Pressure
Peralatan Dapur Restoran
Gas Low Pressure
Peralatan Dapur Restoran
Medium Pressure
Peralatan Dapur Restoran
Medium Pressure
Peralatan Dapur Restoran
Medium Pressure

Peralatan Dapur Restoran
High Pressure
Peralatan Dapur Restoran
High Presure

Instalasi pipa gas berjalan di dinding dengan jarak dari dinding tembok 10-15 cm dan 15-20 cm di bawah plafond. Hal tersebut dibuat dengan alasan untuk memudahkan perawatan pipa, seperti apabila ada kebocoran, maka akan cepat diketahui dan mudah untuk proses perbaikannya. Apabila pipa gas ditempatkan di atas plafond, kebocoran akan sulit diketahui, dan apabila hal tersebut terjadi akan sangat berbahaya bagi keamanan.

Setelah sampai ke area dapur, instalasi pipa akan turun dan kemudian penempatannya akan berjalan di bawah peralatan dapur restoran, jarak 5-8cm dari lantai dan 20cm dari dinding apabila peralatan-peralatan restoran ditempatkan menempel di dinding. Tidak perlu di khawatirkan apakah pipa tersebut akan mentok dengan peralatan restoran karena tinggi ambalan bawah peralatan restoran 15cm dari lantai.

Setelah pekerjaan instalasi pipa gas selesai dilakukan, dilakukan pengetesan tekanan menggunakan gas nitrogen sebesar 10 kg/ cm selama 1 hari untuk menjamin tidak ada kebocoran dalam pengelasan instalasi pipa gas yang telah dikerjakan.  


Jalur Pipa Instalasi Gas 
di bagian atas dinding
Jalur Pipa Instalasi Gas
ke arah bawah menuju output
Jalur Pipa Instalasi Gas
output kompor di atas lantai 


Stop Valve & Valve Pengukur 
Tekanan Gas Valve
Pengukur Tekanan Gas
Jalur Pipa Instalasi Gas

3.  System Pengaman Instalasi Gas

System pengaman instalasi gas terdiri dari bypass, panel kontrol dan detektor alarm gas. Semua bagian mempunyai tugas masing - masing dan menjadi kesatuan untuk menjalankan system berfungsi dengan baik. Berikut ini penjelasan dan fungsi dari bagian - bagian system pengaman instalasi gas :
  • Bypass
Bypass terdiri dari gas valve & selenoid valve. Selenoid valve berfungsi untuk menutup dan membuka aliran gas didalam instalasi. Selenoid valve ini terangkai didalam suatu instalasi yang disebut dengan "bypass". Bypass ini ada, dengan alasan apabila ada kebocoran, maka selenoid valve akan tertutup secara otomatis dengan pemutusan sinyal listrik yang dikirimkan oleh detektor alarm gas. 

Karena selenoid valve pengaman ini bekerja dengan aliran listrik, maka apabila terjadi pemadaman listrik, otomatis selenoid valve juga akan tertutup. Kejadian ini maka akan menghentikan aliran gas dari tabung menuju instalasi pipa yang mengalirkan gas ke output-output kompor yang sedang digunakan. 

Maka disinilah keuntungan adanya Bypass, kita bisa membuka gas valve yang ada dalam rangkaian instalasi bypass untuk melewati selenoid yang tertutup karena adanya pemadaman listrik tersebut. Bypass tersambung dengan instalasi sentral gas.
  • Panel Kontrol & Detektor Alarm Gas
Panel kontrol dirangkai dengan detektor alarm gas yang berada di sentral gas dan titik-titik output aliran gas (kompor & peralatan restoran lainnya yang menggunakan gas). Panel bekerja dengan aliran listrik, berfungsi untuk mengatur system kerja dari pengaman instalasi gas yang terdiri dari selenoid valve & detektor alarm gas. 

Panel kontrol ini dapat juga di hubungkan dengan panel gas induk alarm dari mall atau panel alarm kebakaran ( mcfa ) untuk memberi informasi letak tenant yang mengalami kebocoran gas agar segera mematikan aliran gas sentral yang ada di gedung.


Panel Kontrol System Pengaman
Instalasi Gas
Panel Kontrol System Pengaman
Instalasi Gas
Detektor Alarm Gas

System Pengaman Instalasi Gas
Sentral Tabung Gas Dengan System Pengaman 

Sentral Gas Dengan System Pengaman
Detektor Alarm Gas
Sentral Tabung Gas Dengan System Pengaman Detektor Alarm Gas

Aries Kitchen mempunyai spesialisasi untuk pekerjaan instalasi gas restoran, catering, foodcourt, hotel, resort dll yang didukung oleh tenaga kerja yang professional dibidangnya. Untuk informasi terkini silahkan kunjungi web www.aries-kitchen.com dan untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi : 
Rona Yuldona : 0818-0724-1132 & 0813-8066-6162
Kami siap membantu dan memberikan yang terbaik untuk anda dengan layanan 24/7.

ARIES KITCHEN

" Your Commercial Kitchen Partner "

Specialist in Stainless Steel Kitchen Equipment, Gas & Ducting Exhaust Instalation

5 komentar: